Jumat, 05 Maret 2010

ngelah yesi

Galeri Nasional Indonesia Adakan Pameran Lukisan di Balikpapan

Selasa, 4 November 2008 | 16:51 WITA

* Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Junisah

BALIKPAPAN-Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan pelukis Kaltim menyelenggarakan Pameran Lukisan yang bertemakan Dialog Interlokus. Pameran akan dilakukan selama lima hari. Mulai 10-15 November di Gedung Bhayangkari Jl Sudirman Balikpapan.

Kegiatan ini menampilkan sekitar 50 karya pilihan Galeri Nasional Indonesia. Di antaranya menampilkan karya-karya Raden Saleh, perintis Seni Lukis Modern Indonesia, serta karya Sudjojono, Bapak Seni Lukis Modern Indonesia, karya Affandi, Basuki Abdullah, Zaini, Henk Ngantung dan karya para maestro lainnya.

Selain itu ditampilkan juga karya-karya pelukis atau perupa Kaltim. Seperti dari Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, Sangatta, Tarakan, Bulungan, Nunukan. Dalam pameran ini 43 pelukis Kaltim terlibat langsung. Masing-masing pelukis menampilkan satu lukisan.

Sekertaris Panitia Acara, Wenda Tewu mengatakan, melalui pameran ini diharapkan dapat mewadahi dan mendorong kreativitas seniman dan apresiasi masyarakat di bidang seni rupa. Program ini dimaksudkan pula untuk menambah semarak kegiatan seni budaya di Kaltim, khususnya Balikpapan sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia.

Selain pameran, panitia juga akan menyelenggarakan Workshop Seni Lukis Anak-anak, serta Workshop dan Temu Seniman Kaltim. Rencananya Workshop Seni Lukis anak akan menghadirkan narasumber pelukis muda potensial Indonesia yang memberi perhatian bagi pembinaan seni lukis anak-anak.

Sedangkan Workshop dan Temu Seniman Kaltim bersama Dr. Agus Burhan, kurator Galeri Nasional Indonesia, serta pelukis potensial Indonesia Ivan Sagita dari Yogyakarta. Rencananya pameran lukisan ini akan dibuka Walikota Balikpapan Imdaad Hamid. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar