Senin, 08 Maret 2010

Pameran Lukisan Valasara

Perupa muda asal Bali, I Made Wiguna Valasara akan memamerkan sejumlah lukisan dalam pameran tunggalnya yang bertema “Marshalling Line and Colours”. Pameran diselenggarakan di Galeri Canna, Jl. Boulevard Barat Raya Blok LC 6 No.33-34 Kelapa Gading-Jakarta Utara, 22 Januari – 4 Februari 2009.

Perupa kelahiran Sukawati, Bali, Juli 1983 yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pelukis Terbaik dalam acara Dies Natalis XXIII ISI Jogjakarta akan menyuguhkan juga karya 3 dimensi.

Dalam catatan kurasi yang ditulis oleh Mikke Susanto, staf pengajar ISI Yogyakarta, menyatakan,” Garis, saya yakini menjadi ‘organ’ utama dalam karya-karya Valasara. Saya yakini sebagai ‘organ’ karena dalam meresapi karya-karya Valasara saat ini kita tidak saja akan membicarakan seutuh-utuhnya garis itu sendiri. Masih ada hal-hal lain yang sama pentingnya.”

Mikke juga melihat bahwa karya-karya Valasara terdapat ‘organ’ dan pendukung lain yang saling terkait, yaitu persoalan keseimbangan [balance], bentuk [shape, media dan nilai raba [texture], gradasi terang-gelap (tone) dan warna. Lainnya yang justru jauh yang saya anggap paling penting sebagai roh utama dalam karya Valasara terletak pada gagasan-gagasannya mempergunakan garis itu sendiri.

Valasara bagai seorang penggembala garis dan warna di atas kanvas menjadi visual yang indah.

Pameran dibuka oleh Syakieb Sungkar, Kamis, 22 Januari 2009, pukul 19.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar